Selasa, 22 Desember 2009

PENGARUH MEMBOLOS DALAM PRESTASI BELAJAR SEKOLAH SISWA.


Pengertian Membolos




Membolos adalah suatu perbuatan yang sangat tidak terpuji selain itu bisa berakibat fatal terhadap kita juga mencoreng nama baik orang tua. Membolos di saat juga disebut dengan trend atau tradisi,kita bisa melihat di sekarang ini banyak siswa-siswa yang berkeliaran di jalan atau tempat-tampat tertentu di waktu jam sekolah, dan tanpa sadar apa yang dilakukan mereka itu sangat merugikan bagi mereka dan berakibat sangat fatal. Seharusnya perbuatan seperti itu harus segera dihentikan,karena selain merigikan bagi siswa-siswi juga mencoreng nama baik sekolah. Maka itu seharusnya diadakan penjagaan ketat. Biasanya siswa-siswi bisa membolos itu juga bisa dikarenakan kurangnya perhatian atau penjagaan guru yang kurang ketat.
Sebab kalau tidak masuk satu hari saja itu sangat merugikan bagi kita, kita juga bisa ketinggalan banyak sekali. Selain itu nilai ulangan semakin hari semakin bertambah, dan pelajaran yang diajarkan juga semakin hari semakin sulit. Maka kadang kalau kita keseringan membolos kita bisa tidak naik kelas. Karena yang biasanya yang membolos itu adalah orang yang bodoh dan tidak ingin maju. Nilai-nilai atau kemampuan berfikir dalam pembelajaran di sekolah yang dapat disebut juga dengan prestasi belajar.

Pokok-Pokok Masalah
  • Pengaruh membolos dalam prestasi belajar
Pengaruh membolos dalam prestasi belajar adalah bisa mengakibatkan ketidak naikan kelas terhadap siswa-siswi yang sering membolos, sebab karena banyaknya ketinggalan pelajaran yang mengakibatkan kebodohan kemudian karena kebodohan tersebut bisa mengakibatkan kita tidak naik kelas.

  • Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi membolos :
Disebabkan oleh rasa bosan atau kejenuhan di dalam kelas atau pelajaran, biasanya ada salah satu pelajaran yang dianggap membosankan di kelas,maka siswa itu mencari kesenangan atau menghilangkan rasa jenuh dengan membolos.
Bisa juga disebabkan karena masalah keluarga yang membebani kita atau mengganggu fikiran kita dan menyebabkan kita frustasi, bisa juga karena adanya masalah di sekolah entah itu disebabkan siswa atau guru yang menimbulkan siswa tidak betah di sekolah.
Kurangnya perhatihan dan banyaknya uang jajan dan bisa mempengaruhi hal tersebut, biasanya anak kurang diperhatikan di rumah karena kesibukan orang tua yang sangat padatdan jarang komunikasi dengan orang tua, kadang orang tua tidak pernah sadar akan tersebut dan menjadikan uang jajan yang berlebihan menjadi gantinya, untuk itu siswa dapat berbuat apa saja dengan uang tersebut.
Pengaruh pergaulan pun juga bisa mendorong hal tersebut, sebab teman itu bisa saja baik dengan kita, ada juga teman yang malah menjerumuskan kita. Maka kita harus selektif dalam memilih teman, karena teman itu sangat penting bagi kita selain bisa berbagi sesuatu juga selalu ada di saat kita membutuhkan.

  • Upaya dan bentuk penanganan yang dilakukan
Orang tua harus mengambil tindakan tegas dalam masalah tersebut.orang tua harus tegas dalam mendidik anak,setelah mengetahui kalau anaknya sering membolos orang tua harus menegur anak dan mengasih nasihat pada anak tersebut. Dan jika perbuatan tersebut masih diulangi lagi maka orang tua harus melaporkan kesekolah atau bekerja sama untuk memantau anak tersebut,apakah anak tersebut masih mengulanginya atau selain itu bisa juga dengan cara antar jemput anak ke sekolah dan mengambil uang jajannya. Dan juga lebih perhatian kepada anak, tetapi tidak semua bisa diatasi oleh sekolah, tetapi orang tua harus berperan penting untuk mengatasi anak tersebut. Orang tua harus mengambil tindakan yang tegas dalam penanganan masalah ini sehingga anak tersebut kapok dan tidak akan mengulangi hal tersebut lagi, misalkan :
Orang tua harus mengasih hukuman seberat-beratnya tidak boleh keluar rumah sampai anak itu tidak mengulangi hal tersebut,kemudian orang tua harus memberi perhatian kasih sayang yang lebih besar agar si anak tidak bisa merasa sendiri lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar